Rumi Sufi

0
Suatu ketika… Syams berkata kepada Rumi: “Kau seorang ulama, pemimpin, pemandu, dan memiliki otoritas.”

Rumi menjawab: “Aku bukan lagi seorang ulama, pemimpin, dan pemandu alam lahiriah. Aku salah satu orang miskin dalam perjalanan yang melampaui akal, yang diterangi cahaya yang engkau pancarkan.”

Syams kembali berkata: “Kau masih mempertahankan pemikiran rasional! Karena belum sanggup melangkah melampaui akal, kau bukan penduduk asli di wilayah ini!

Rumi menjawab: “Mulai saat ini, akan kuselubungi akalku dengan hati. Aku menjadi hilang akal dengan panduan spiritualmu, aku menjadi penduduk asli di wilayah ini.”

Syams berkata: “Kau masih membuat perhitungan! Kau belum mabuk oleh cinta! Kau berasal dari luar dunia ini. Dunia ini bukan diterangi akal tetapi cinta. Kau bahkan tak melihat apa yang didepanmu!”

Rumi menjawab: “Sejak itu, berkat panduan spiritualmu, aku menjelma jadi api, dari ujung rambut sampai ujung kaki berselubung cinta dan ekstasi.”

Lalu syams berkata: “Kau pelita bagi masyarakat! Kedudukanmu tinggi.”

Rumi berkata: “Mulai saat ini, lenteraku telah padam. Di mataku, itu tak beda dengan kunang-kunang. Aku kini berjalan di bawah sinar lentera-lentera lain.”

Syams berkata: “Kau belum mati. Kau masih mempertahankan kehidupan lahiriah. Kau tak dapat melewati pintu ini untuk menyebrang ke dunia seberang dengan cara itu. Kau harus sepenuhnya meninggalkan wujud duniamu.” 

Rumi berkata: “Itu masa lalu. Setelah bertemu denganmu, aku tidak lagi hidup secara biasa. Aku telah mati karena menemukan wujud baru.”

Syams berkata: “Kau masih bersandar pada ego dalam beberapa hal. Kau masih mempertahankan posisi dan gelarmu. Bebaskan dirimu dari semua itu.”

Rumi menimpali: “Mulai saat ini, aku akan mencari tempat dalam kehadiran Ilahiah di mana engkau membawaku. Telah kutinggalkan wujudku yang terdahulu dan seluruh embel-embelnya. Telah kulampaui semua itu”

Syams berkata: “Kau masih punya lengan dan sayap. Maka, aku tak dapat memberimu sayap!”

Rumi menjawab: “Mulai saat ini, aku akan mematahkan lengan dan sayapku agar menjadi lengan dan sayapmu!”


Dialog Syams bersama Rumi dalam Divan al-Kabir ***

Epilog: Aku tadinya mati, lalu menjadi hidup. Aku tadinya air mata, lalu menjadi senyum. Aku mengarungi lautan cinta. Dan aku meraih kebahagiaan abadi!

~ Maulana Jalaluddin Rumi
Sumber: Ratapan Kerinduan Rumi by Osman Nuri Topbas

Jangan lupa dukung Mistikus Channel Official Youtube Rumi Sufi Blog dengan cara LIKE, SHARE, SUBSCRIBE:





Terima kasih telah membaca Dialog Matahari Dan Rembulan | Silahkan share Dialog Matahari Dan Rembulan melalui media sosial. Untuk menyimak posting terbaru silahkan Like Facebook :
| Twitter : | Youtube Channel:
Info :
Sudah berapa lama Anda menahan rindu untuk berangkat ke Baitullah? Melihat Ka’bah langsung dalam jarak dekat dan berkesempatan berziarah ke makam Rasulullah. Untuk menjawab kerinduan Anda, silahkan klik Instagram | Facebook.

Post a Comment Disqus

 
Top