Rumi Sufi

0
Yang Mengenal Dirinya Yang Mengenal Tuhannya; Aforisme-Aforisme Sufistik Jalaluddin Rumi

Judul Buku : Yang Mengenal Dirinya Yang Mengenal Tuhannya; aforisme-aforisme sufistik Jalaluddin Rumi
Diterjemahkan dari buku aslinya berbahasa Inggris : Signs of The Unseen; The Discourses of Jalaluddin Rumi
Penulis : Jalaluddin Rumi
Ukuran: 16 x 24 cm, Hardcover
Tebal: 356 hlm
Penerbit: Pustaka Hidayah
ISBN: 978-979-9109-59-0

Dalam Islam, Tuhan dimaknai sebagai sesuatu yang bersifat transenden. Dalam hal ini, kaum sufi sepakat sepenuhnya. Mereka berkata “Dengan rupa apa pun engkau membayangkan Tuhan, Dia tetap berbeda dari bayanganmu.” Namun, pada saat yang sama, mereka juga meyakini bahwa Tuhan juga bersifat immanen, selalu ada di dalam semua ciptaan-Nya. Bahkan, mustahil bagi manusia untuk mengetahui Tuhan, kecuali melalui ciptaan-Nya.

Menurut kaum sufi, ciptaan yang paling dekat dan paling mudah untuk mengantar kepada pengenalan Tuhan adalah diri manusia sendiri. Karena itulah Rasulullah bersabda “Barangsiapa mengenal dirinya, maka ia mengenal Tuhannya.”

Syekh Jalaluddin Ar Rumi, yang terkenal dengan puisi-puisi sufistiknya, menyusun sebuah buku Yang Mengenal Dirinya, Mengenal Tuhannya, berisi petuah-petuah sufistik yang luar biasa indah dan sangat dalam maknanya. Jika Matsnawi dianggap sebagai karya puisi terbaik, maka buku Yang Mengenal Dirinya, Mengenal Tuhannya, yang edisi bahasa Arabnya berjudul Fîhi ma Fîhi adalah karya terbaik terbaik Syekh Jalaluddin Ar Rumi

Lewat buku ini, kita seolah sedang bertatap muka dengan Maulana Rumi, berbincang-bincang dan diajak untuk merenungi hakikat eksistensi. Ia memberi ragi bagi pencarian bentuk eksistensi kita sebagai manusia. Buku ini nampak tersusun sebagai sebuah petunjuk (risalah) bagi para penempuh jalan sufi, sehingga bab demi babnya terasa sebagai sebuah kurikulum yang tersusun rapi.

Jangan lupa dukung Mistikus Channel Official Youtube Rumi Sufi Blog dengan cara LIKE, SHARE, SUBSCRIBE:





Terima kasih telah membaca Yang Mengenal Dirinya Yang Mengenal Tuhannya; Aforisme-Aforisme Sufistik Jalaluddin Rumi | Silahkan share Yang Mengenal Dirinya Yang Mengenal Tuhannya; Aforisme-Aforisme Sufistik Jalaluddin Rumi melalui media sosial. Untuk menyimak posting terbaru silahkan Like Facebook :
| Twitter : | Youtube Channel:
Info :
Sudah berapa lama Anda menahan rindu untuk berangkat ke Baitullah? Melihat Ka’bah langsung dalam jarak dekat dan berkesempatan berziarah ke makam Rasulullah. Untuk menjawab kerinduan Anda, silahkan klik Instagram | Facebook.

Post a Comment Disqus

 
Top